Asuransi Prudential Indonesia Melaksanakan Kegiatan Edukasi Sadar Keuangan ke Pelaku UMKM

Asuransi Prudential Indonesia, perusahaan asuransi jiwa terdepan di Indonesia, bersama Yayasan Mercy Corps Indonesia (YMCI) mengadakan kegiatan sadar keuangan dengan mendidik pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) sebanyak 300.000 orang, dalam hal pengaturan keuangan.

Lebih dari 32 juta masyarakat Indonesia saat ini hidup di bawah garis kemiskinan, sementara 40 juta lagi tidak mendapatkan kesempatan untuk mengkases pelayanan jasa keuangan1, sedangkan industri keuangan mikro yang ada, umumnya baru menyediakan layanan perbankan dasar. Asuransi Prudential Indonesia bersama Yayasan Mercy Corps Indonesia sadar pengembangan keuangan mikro merupakan salah satu prioritas utama dalam inklusi keuangan di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut Nini Sumohandoyo, Corporate Marketing & Communications Director Asuransi Prudential Indonesia menyampaikan, “Kami sangat senang di penghujung 2012 ini Asuransi Prudential Indonesia bersama dengan Yayasan Mercy Corps Indonesia dapat memfasilitasi kegiatan Financial Literacy – Train of the Trainers yang nantinya para pengajar ini akan turun langsung ke masyarakat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kegiatan serupa telah dilaksanakan oleh Asuransi Prudential sejak tahun 2009 untuk perempuan, dan tahun 2012 ini bersama Yayasan Mercy Corps Indonesia kami mulai baik untuk perempuan dan laki-laki. Melalui kegiatan ini kami berharap dapat turut mendukung program pemerintah dalam merealisasikan inklusi keuangan di Indonesia.”

Para penerima manfaat merupakan kelompok pelaku UMKM yang sampai hari ini telah mencapai lebih dari 5.000 orang dari target sebanyak 7500 orang sampai akhir tahun 2012, yang tersebar di Jabodetabek, Karawang dan Subang.

Paul Jeffery, Country Director Mercy Corps menyatakan, “Yayasan Mercy Corps Indonesia (YMCI) bersyukur mendapat dukungan Asuransi Prudential Indonesia dalam mengembangkan program ini. Visi yang sama dalam menjangkau lapisan masyarakat bawah agar mempunyai akses terhadap pengetahuan mengelola keuangan yang baik menjadi pendorong bagi YMCI dalam mencapai lebih banyak lagi anggota masyarakat. Dukungan Prudential serta pengalaman YMCI di lapangan menjadi kombinasi yang efektif dalam suksesnya program ini”.

Program yang dijalankan hari ini diikuti oleh 40 orang peserta yang akan diberikan pembelajaran interaktif melalui pelaksanaan pelatihan tentang bagaimana mengelola keuangan yang baik, produk/layanan keuangan dan perencanaan keuangan melalui sesi-sesi pemaparan materi pelatihan maupun diskusi-diskusi kelompok.

Program sadar keuangan ini merupakan bagian dari kampanye CSR Asuransi Prudential Indonesia Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi. Nini Menambahkan, “Di Asuransi Prudential Indonesia kami percaya untuk tidak hanya melaksanakan bisnis dengan baik, tetapi juga untuk berbuat kebaikan, di mana kami berkomitmen penuh untuk memberikan kontribusi kembali kepada masyarakat. Tiga pilar utama CSR kami adalah pendidikan, anak-anak, serta pencegahan dan penanggulangan bencana. Program sadar keuangan bersama Yayasan Mercy Corps Indonesia ada dalam pilar pendidikan tersebut”.

Melalui Sejuta Hati untuk Sejuta Mimpi, Prudential Indonesia mempunyai tujuan untuk mencapai dan memberikan manfaat positif bagi satu juta orang dalam beberapa tahun ke depan melalui beberapa program kunci, salah satunya melalui inisiatif program sadar keuangan.

“Saat ini inklusi keuangan merupakan hal yang sangat penting bagi pemerintah. Dengan kegiatan ini kami berusaha untuk mendukung realisasinya, karena kami percaya inklusi keuangan akan memperluas kesempatan masyarakat untuk dapat memiliki kehidupan yang lebih baik,” tutup Nini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s