Asuransi Prudential dan Universitas Indonesia Membuka Program Peminatan Aktuaria

Asuransi Prudential bekerja sama dengan Universitas Indonesia (UI) melalui program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, (MM-FE), hari ini melaksanakan pembukaan kembali peminatan Aktuaria MM-FE di area kelas-kelas Aktuaria yang telah direnovasi di gedung MM-FE Universitas Indonesia.

Kemitraan strategis Asuransi Prudential dengan  UI ini adalah bagian dari kampanye tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) Prudential Indonesia “A Million Hearts for A Million Dreams”. Melalui kerja sama erat dengan UI, Asuransi Prudential Indonesia tidak hanya merenovasi area Aktuaria di gedung MM-FE, namun lebih penting lagi terus mendukung pengembangan kurikulum Aktuaria, pengembangan kapasitas (capacity building) dengan level internasional melalui pelaksanaan ragam pelatihan dan pemberian beasiswa bagi siswa serta dosen, serta mempromosikan peminatan Aktuaria dan potensi karir aktuaris kepada masyarakat.

Kemitraan ini didasari kebutuhan yang terus bertumbuh untuk aktuaris di industri asuransi Indonesia. Baik Asuransi Prudential Indonesia maupun UI melalui MM-FE memiliki misi yang sejalan untuk mendukung peningkatan kesadaran akan bidang studi Aktuaria dan potensi karir aktuaris, melalui kerja sama dengan mitra yang terpercaya dan berdedikasi dalam menghasilkan aktuaris handal.

www.asuransiprudentiall.wordpress.com

William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia menyatakan, “Aktuaris memainkan peran penting dalam memastikan kesehatan dan solvabilitas bisnis asuransi melalui pengembangan produk serta analisa keuangan. Saat ini, tantangan dalam industri adalah kurangnya jumlah aktuaris dalam memastikan kesehatan dan solvabilitas industri. Sejauh ini, dari perkiraan kebutuhan 600 ahli aktuaria dalam beberapa tahun mendatang, Indonesia baru memiliki sekitar 150 aktuaris. Prudential memandang penting untuk bermitra dengan sektor pendidikan untuk menumbuhkan jumlah tenaga aktuaria yang memiliki dasar teori dan ilmu terapan yang kuat.” William melanjutkan, “Setelah penandatanganan persetujuan di antara Prudential dan UI pada bulan Januari lalu, Asuransi Prudential bersyukur dapat membuka peminatan Aktuaria dengan UI hari ini”.
Dalam kemitraannya dengan Universitas Indonesia, Prudential Indonesia memberikan dukungan dalam pengembangan pelatihan bagi tenaga pengajar, di mana tiap tahunnya dua pengajar akan dikirim untuk mengikuti pelatihan aktuaria tingkat internasional, dan sebaliknya Asuransi Prudential Indonesia juga akan mendatangkan pengajar internasional untuk memfasilitasi workshop aktuaria di kampus MM-FE. Prudential Indonesia juga berkomitmen untuk memberikan beasiswa tiap tahunnya sampai dengan tahun 2015 untuk siswa dalam mengikuti peminatan Aktuaria MM-FE Universitas Indonesia.

asuransi prudential

Jossy P. Moeis Ph.D., Dekan Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia, menyatakan, “Kami gembira dapat bermitra dengan Asuransi Prudential Indonesia untuk membuka kembali peminatan Aktuaria MM-FE di Universitas Indonesia, karena kami melihat para lulusan aktuaria akan dapat berkontribusi nyata dalam pertumbuhan industri jasa keuangan utamanya asuransi, dan Indonesia akan mendapatkan manfaat nyata dari bertambahnya jumlah tenaga ahli aktuaria. Aktuaris yang memiliki kemampuan manajerial dan bisnis menjadi nilai tambah dari lulusan MM-FE.” Jossy melanjutkan, “Kami menghargai dukungan Prudential dalam pengembangan kurikulum, membangun kapasitas baik untuk siswa dan dosen kami, mempromosikan program studi, mendukung pengembangan infrastruktur gedung MM-FE di Universitas Indonesia, serta mempromosikan program peminatan aktuaria kami kepada masyarakat. Kami harap kemitraan ini akan memperkuat kesadaran masyarakat akan potensi karir tenaga ahli aktuaria, serta peran dan rekam kerja Universitas Indonesia sebagai knowledge centre terdepan.”

Kegiatan belajar-mengajar di area aktuaria MM-FE yang baru direnovasi akan dimulai pada bulan September 2013 dengan 20 mahasiswa yang telah terdaftar dan siap mengikuti pembelajaran untuk menjadi aktuaris profesional dalam program peminatan selama 2 tahun. Mahasiswa baru ini adalah mereka yang sudah terpilih dari saringan masuk yang sangat ketat dan datang dari berbagai latar belakang pendidikan, seperti kesehatan masyarakat, ekonomi, teknik, dan lainnya, baik dari Univeristas Indonesia sendiri maupun universitas negeri dan swasta ternama lainnya di Indonesia. Hal ini dimungkinkan karena kurikulum dibangun berdasarkan kebutuhan keterampilan aktuarial dan kemampuan bisnis manajemen.

Mahasiswa yang telah lulus dari peminatan aktuaria MM-FE, mendapatkan kesempatan untuk mengambil modul-modul yang telah disiapkan oleh Persatuan Aktuaris Indonesia (PAI), di mana setelah lulus, mereka menjadi aktuaris resmi yang diakui dan bersertifikasi serta mendapatkan kesempatan untuk bekerja antara lain dalam posisi bergengsi sebagai Appointed Actuary di perusahaan asuransi, sebuah posisi yang diakui dan diatur oleh regulator industri.

Komitmen Prudential Indonesia Terhadap Literasi Keuangan
Kemitraan dengan UI merupakan sebuah langkah awal bagi Prudential untuk menunjukan komitmennya terhadap literasi keuangan di Indonesia, Prudential percaya bahwa literasi keuangan dapat mendorong pertumbuhan industri asuransi, dan menjadi fondasi penting dalam merealisasikan bangsa yang lebih mandiri secara finansial.

Dalam kegiatan peresmian peminatan Aktuaria di MM-FE Universitas Indonesia, Barry Stowe, Chief Executive, Prudential Corporation Asia, bersama William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia, mengumumkan bahwa dalam 3 sampai 5 tahun ke depan Prudential berkomitmen untuk mendedikasikan dana khusus mencapai US$ 10 juta untuk inisiatif literasi keuangan, yang bertujuan untuk secara signifikan mengembangkan edukasi literasi keuangan dan program-program terkait dalam mendorong kesejahteraan masyarakat Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, sejalan dengan komitmen Prudential di Asia untuk melaksanakan program tanggung jawab sosial melalui Prudence Foundation, Prudential juga mengumumkan pendirian “Yayasan Prudence” di Indonesia.

Saat ini Indonesia berada di tengah transformasi perekonomian, di mana antara lain Indonesia mengalami kemajuan dalam hal menciptakan masyarakat yang mandiri secara finansial. Namun demikian, dari jumlah populasi sebanyak 240 juta orang, saat ini Indonesia masih memiliki 77 juta orang yang tidak memiliki tabungan maupun perlindungan secara finansial, hanya 44 juta yang memiliki akses ke perbankan dan hanya 4.5% dari total populasi memiliki polis asuransi jiwa individual (sumber: BPS, AAJI, Bank Dunia 2012)

Barry berkomentar, “Inti dari industri asuransi adalah memberikan perlindungan dan membantu menyediakan masa depan keuangan yang sehat, stabil, dan aman bagi masyarakat. Untuk mencapai ini, kesadaran akan dasar-dasar perencanaan dan perlindungan keuangan yang baik mutlak diperlukan. Itulah literasi keuangan dan itulah mengapa meningkatkannya merupakan prioritas penting bagi Prudential di manapun kami beroperasi. Dengan menyediakan dana yang dikhususkan untuk literasi keuangan, kami dapat mempertegas komitmen kami dalam membantu melindungi dan memberikan edukasi bagi masyarakat Indonesia melalui berbagai inisiatif, dalam rangka perencanaan keuangan jangka panjang yang lebih baik.”

Dana khusus literasi keuangan ini merupakan suatu inisiatif yang dirancang untuk melindungi dan memberikan proteksi bagi masyarakat Indonesia dengan mempromosikan literasi keuangan, pengembangan ekonomi yang berkelanjutan dan mendukung upaya pengurangan tingkat kemiskinan. Dalam tiga sampai lima tahun ke depan, Prudential akan bekerja sama dengan beragam mitra baik pemerintah maupun swasta dalam menjalankan program edukasi konsumen untuk memperbaiki tingkat literasi keuangan serta memperkuat infrastruktur industri asuransi di Indonesia. Beberapa elemen penting dalam inisiatif tersebut adalah:

  • Edukasi publik melalui kampanye pelayanan publik untuk membantu masyarakat Indonesia mencapai masa depan yang lebih baik
  • Riset mendalam terkait literasi keuangan, untuk medapatkan perspektif yang lebih besar dari publik dan merekomendasikan ragam solusi
  • Pembangunan kapasitas (capacity building) melalui program beasiswa dan program “train the trainer” literasi keuangan, untuk mempersiapkan calon pemimpin di industri jasa keuangan di masa depan
  • Pengembangan infrastruktur dan Penghargaan

“Misi pemerintah dan regulator dalam mengembangkan literasi keuangan dan mempromosikan inklusi finansial juga merupakan sebuah prioritas bagi Asuransi Prudential. Kami percaya bangsa yang kuat dengan tingkat literasi keuangan yang baik merupakan hal mutlak bagi Indonesia untuk memungkinkan seluruh masyarakat berpartisipasi dalam peluang pertumbuhan ekonomi di masa mendatang. Dan sangat penting bagi Prudential untuk membantu memastikan bahwa semakin banyak masyarakat memiliki akses terhadap manfaat perencanaan keuangan dan proteksi asuransi yang baik. Karena itu, kami berharap program edukasi konsumen kami ini dapat mencapai lebih dari 1.000.000 orang dalam 5 tahun ke depan, ” tutup William.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s